Sudah Pedulikah Anda dengan Kesehatan Miss V Anda??




Tidak dipungkuri bahwa menjaga kesehatan bagian kewanitaan bagi kaum hawa sangatlah penting. Bukan skedar mencegah berbagai macam penyakit akan tetapi lebih dari itu. Organ reproduksi adalah sesuatu yang sensitive dan membutuhkan perawatan yang ekstra. Berikut ini diuraikan cara menjaga kesehatan alat reproduksi wanita yang baik dan benar.
 



1.     Selalu menjaga kebersihan organ reproduksi
Salah satu penyebab timbulnya penyakit pada organ reproduksi adalah kurang menjaga kebersihan. Setelah buang air kecil atau air besar, bersihkan bagian terpenting Anda, pakailah air yang benar-benar bersih. Perhatikan cara membersihkannya, yaitu membilas dari depan kebelakang agar kuman dari anus tidak mengkontaminnasi Miss V Anda yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Saat haid, usahakan selalu menggunakan pembalut dan menggantinya setiap 2-3 jam sekali. Ketika mengganti pembalut, jangan lupa untuk terlebih dahulu membersihkan Miss V Anda.

2.     Menjaga Kelembaban dan Tingkat Keasaman
Miss V memiliki tingkat keasaman pada kisaran 3.5. Agar tingkat keasaman ini dapat terjaga dengan baik, maka dianjurkan menggunakan larutan yang mengandung bahan kimia untuk membasuh Miss V. Jangan menggunakan sabun untuk membersihkan Miss V karena akan menyebabkan iritasi dan juga kekeringan. Agar tingkat kelembaban Miss V tetap terjaga, hindari memakai pantyliner saat sedang haid.

3.     Rapihkan Rabut di sekitar Miss V
Rambut yang ada disekitar Miss V sebenarnya membantu tumbuh kembangnya bakteri baik. Namun demikian akan menjadi masalah jika terlalu lebat dan panjang. Rapihkan rambut disekitar Miss V Anda secara rutin menggunakan alat pemotong rambut, jangan pernah mencabutnya karena dapat menyebabkan iritasi.

4.     Pilih Pakaian Dalam yang Nyaman
Celana dalam yang nyaman dapat mencegah terjadinya iritasi pada Miss V. Agar kebersihannya tetap terjaga, jangan lupa untuk selalu mengganti celana dalam minimal tiga kali dalam sehari. Bahan celana dalam yang baik adalah yang mudah menyera cairan atau keringat untuk menghindari tumbuh kembangnya jamur. Selain itu, jangan pernah membiarkan orang lain termasuk anggota keluarga memakai celana dalam Anda begitupun sebaliknya.

5.     Menjaga Daya  Tahan Tubuh
Rutin berolah raga dan rajin mengkonsumsi makanan yang sehat adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Peredaran darah dan daya tahan tubuh Anda akan semakin meningkat dengan berolah raga. Hubungan kedua hal ini dengan kesehatan reproduksi wanita adalah mencegah lemak yang berlebih disekitar Miss V serta mencegah penyakit reproduksi wanita, seperti kanker serviks dan yang lainnya. Jangan lupa untuk menerapkan pola tidur yang sehat dan juga teratur. Daya tahan tubuh yang prima dapat melawan berbagai penyakit yang menyerang kesehatan reproduksi wanita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar